Senin, 01 Juni 2009

Mengenal e-dukasi.net

Mengenal e-dukasi.net

Apa itu e-dukasi.net?

e-dukasi.net adalah portal pembelajaran yang dikembangkan oleh Pustekkom dan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memfasilitasi terjadinya distribusi informasi pendidikan sebagai sumber belajar dan komunikasi serta kolaborasi antarsekolah melalui media internet. Jadi, e-dukasi.net hadir sebagai suatu upaya mendayagunakan internet untuk meningkatkan mutu pendidikan. e-dukasi.net dapat diakses secara gratis melalui url http://www.e-dukasi.net oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.
e-dukasi.net dikembangkan untuk memfasilitasi berbagai hal dengan tujuan agar:
1. terjadi penyebaran dan pertukaran beragam bahan belajar dan informasi pendidikan;
2. terjadi komunikasi serta kolaborasi antarsekolah, yakni antara suatu sekolah dengan sekolah lain, guru dengan guru lain, siswa dengan siswa lain maupun kombinasi dari kesemuanya.

Mengapa e-dukasi.net?
Alasan pertama adalah untuk menjawab adanya kenyataan bahwa sampai dengan tahun 2002, sulit sekali ditemukan berbagai bahan belajar berbasis web yang berbahasa Indonesia dan sesuai dengan kurikulum. Saat itu, beberapa website pendidikan telah dikembangkan diantaranya adalah ”Sekolah Online”, ’guru Online’. ’Jaringan Informasi Sekolah’, dan lain-lain. Tapi, sebagian besar belum menyediakan bahan belajar (content) yang sesuai dengan kurikulum. Alasan kedua, internet memungkinkan untuk dapat mendistribusikan informasi dengan cepat tanpa mengenal ruang dan waktu. Oleh sebab itu, pengalaman (best practices), ide, peristiwa/berita atau informasi lain berkaitan dengan pendidikan dan atau pembelajaran yang berasal dari suatu sekolah, guru, ahli dan lain-lain juga memungkinkan didistribusikan dengan cepat melalui internet. Alasan ketiga, dengan media internet, tidaklah mustahil antara guru dengan guru di sekolah yang berbeda, antara ahli, siswa dengan guru di tempat berbeda dapat saling berkomunikasi baik secara langsung (synchronous) maupun tertunda (asynchronous) untuk mendiskusikan suatu topik/tema tertentu. Sehingga pertukaran pengetahuan dapat terjadi dan terdistribusi dengan cepat ke banyak sasaran secara efisien.
E-dukasi.net dirancang untuk dapat melakukan hal ini. Terjadinya pertukaran informasi yang mudah dan cepat tanpa terbatas oleh ruang dan waktu melalui portal e-dukasi.net ini memungkinkan terjadinya komunitas masyarakat informasi (knowledge-based society) dalam lingkup sekolah atau komunitas pendidikan di Indonesia. Ketiga alasan tersebut di atas merupakan tujuan utama (ultimate goal) yang melandasi pengembangan e-dukasi.net sebagai salah satu portal pendidikan di Indonesia yang akan turut memberikan kontribusi dalam mendorong masyarakat berpengetahuan (knowledge-based society).

[Artikel selengkapnya : artikel2007121806125643MENGENAL e-dukasi.net - wes.doc]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar